Rabu, 26 Juli 2017

Cara Membuat Link External Secara Otomatis Terbuka di Tab Baru

Cara membuat link external secara otomatis terbuka di tab baru

Cara Membuat Link External Secara Otomatis Terbuka di Tab Baru. Kali ini Amirs ID akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat link external atau link orang lain, yang di pasang pada blog kalian secara otomatis akan terbuka pada tab baru.

Sebelum langsung pada tutorial, alangkah lebih baiknya jika saya berikan ulasan sedikit terlebih dahulu mengenai apa itu link external. Link External merupakan sebuah tautan atau alamat yang kalian peroleh dari halaman luar blog ke dalam blog kalian. Sehingga ketika di klik akan diarahkan ke dalam blog atau domain lain. Hal ini tentunya kebalikan dari link internal yang hanya dari halaman satu menuju kehalaman lainnya namun tetap pada domain dan blog yang sama.

Namun yang sering menjadi permasalahan bagi para blogger adalah ketika memasang link external pada blog mereka adalah mereka hanya bisa memberikan konfimasi pada saat memasang link tersebut apakah link akan dibuka pada tab yang sama atau tab baru. Kalau kita lupa memberikan konfimasi pilihan untuk dibuka pada tab baru, tentu saja hal ini bisa mengganggu para pembaca blog kalian.

Untuk membuat sebuah link external secara otomatis terbuka pada tab baru cukup mudah, silahkan kalian ikuti tutorial dibawah ini.

Cara Membuat Link External Otomatis Terbuka di Tab Baru

1. Login terlebih dahulu ke dalam blog kalian
2. Masuk ke menu Template > Edit HTML
3. Selanjutnya taruh kode javascript dibawah ini tepat berada di atas kode </body>
 
<script type="text/javascript">
//<![CDATA[
//amirsID | External Link New Tab
function externalLinks() {
  for(var c = document.getElementsByTagName("a"), a = 0;a < c.length;a++) {
    var b = c[a];
    b.getAttribute("href") && b.hostname !== location.hostname && (b.target = "_blank")
  }
}
;
externalLinks();
//]]>
</script>

4. Kemudian klik Simpan, dan silahkan kalian lihat hasilnya

Fungsi dari tutorial ini tentunya meminimalisir external link yang dibiarkan berjalan pada tab yang sama, tentunya hal tersebut sangat mengganggu bagi pembaca. Terlebih lagi jika pengunjung blog tersebut tidak dengan sengaja meng-kliknya.

Demikian tadi tutorial Cara Membuat Link External Secara Otomatis Terbuka di Tab Baru pada blog. Semoga artikel ini dapat memenuhi kebutuhan dari teman-teman sekalian.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon